• SMA IT IQRA
  • Feel All the Wonder Lifting Your Dreams for Brighter Future

Profil

Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Iqra’ kota Bengkulu merupakan sekolah yang memadukan antara kurikulum Pendidikan Nasional dengan kurikulum khas Sekolah Islam Terpadu (SIT).

Penambahan kurikulum khas SIT merupakan ciri khas yang ingin diunggulkan berkaitan status sekolah sebagai sekolah Menengah Atas Islam terpadu. Oleh karena itu, kurikulum khas SIT merupakan pengembangan dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kurikulum khas SIT meliputi mata pelajaran Aqidah Akhlak, Fiqih Ibadah, Al Qur’an, Hadits dan Bahasa Arab. Penekanan Kurikulum khas SIT terutama berkaitan dengan pelaksanaan ibadah sehari hari seperti wudhu, shalat, puasa, umroh dan haji.

Kurikulum khas SIT juga disesuaikan dengan pertumbuh dan perkembangan siswa. Selain penambahan kurikulum khas SIT, pembelajaran di dalam kelas didukung oleh program pembiasaan yang di dasarkan kepada nilai-nilai Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman yang shahih.

SMA IT IQRA' Kota Bengkulu juga selalu menyesuaikan dengan kurikulu terbaru pendidikan nasional, seperti Kurikulum Merdeka.

SMA IT IQRA' selalu berkomitmen untuk terus beradaptasi dan melakukan pembaruan dalam proses pembelajaran guna memberikan pendidikan yang terbaik bagi para murid.

 

Para siswa diajarkan adab-adab islami, baik dalam bergaul dengan sesama siswa guru dan orang tua.

Para siswa juga dibiasakan dengan pakaian yang sopan dan sesuai dengan tuntunan syari’at. Sehingga mereka sudah dibiasakan menginternalisasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Iqra kota Bengkulu menerapkan belajar 5 (lima) hari, yaitu hari Senin sampai dengan hari Jum’at.

Pembelajaran dimulai pada pukul 7.15 s.d 15.30 WIB. Hari Sabtu dimanfaatkan sebagai hari pelaksanaan ekstrakulikuler, juga dimanfaatkan bagi pembelajaran remedial bagi siswa yang membutuhkan dengan waktu pelaksanaan mulai pukul 07.15 s.d 14.00.

B. Jaminan Kualitas (quality assurance)

Tujuan:

Adapun tujuan dari pendidikan di SMA IT IQRA’ Kota Bengkulu adalah:

Meyakini Allah SWT sebagai pencipta, pemilik, pemelihara dan penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap dan prilaku bid’ah, khurafat dan syirik.

Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, puasa, tilawah Al Qur’an, Dzikir dan Do’a sesuai petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.

Menampilkan prilaku yang Islami, santun, tertib,disiplin, sabar, gigih dan pemberani dalam menghadapi permasalhan hidup sehari-hari.

Memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang diharapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat didalam ber bagai lingkungan.

Memiliki kecakapan praktis sebagi anggota masyarakat dan dapat memecahkan problem sosial sehari-hari dengan baik.

Memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrastis serta bertanggung jawab.

Memiliki kecerdasan, pengetahuan, kepribadaian, ahlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa indonesia.

Memiliki kepedulian terhadap linkungan hidup dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan loingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.

Memiliki ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secra mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Halaman Lainnya
Program Unggulan

Intensifikasi UTBK Program khusus intensifikasi belajar dalam rangka persiapan peserta didik mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri favorit. Pengembangan Thinking Skill Adalah prog

17/06/2023 10:16 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 246 kali
Motto dan Tagline

Motto Sekolah Bermutu, Generasi Berilmu ! Kokoh dalam akidah, dinamis dalam Syariah, santun dan berakhlak dalam  berperilaku   Tagline Islamic Leadership School” Ikhlas

17/06/2023 10:08 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 211 kali
Value SMA IT IQRA' Kota Bengkulu

1. Menjadikan Islam sebagai landasan filosofis. 2. Mengintegrasikan nilai Islam ke dalam bangunan kurikulum. 3. Hanya menggunakan sumber-sumber dana yang halal dan thoyyib. 4. Memberika

17/06/2023 10:07 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 209 kali
Visi dan Misi

VISI "MENJADI SEKOLAH MENENGAH ATAS RUJUKAN TINGKAT NASIONAL DALAM MEBINA GENERASI ISLAMI, BERPRESTASI, TERAMPIL, MANDIRI, DAN BERWAWASAN GLOBAL."   MISI 1. Menyelengga

07/05/2020 05:09 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 3334 kali