• SMA IT IQRA
  • Feel All the Wonder Lifting Your Dreams for Brighter Future

Best Practice

ZOOM IN PREPOQUIZ : MENINGKATKAN DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMAIT IQRA’ KOTA BENGKULU

 

DISUSUN OLEH:

FERDI SYAHDANI, S.Pd., Gr.

 

 

PENDAHULUAN

Berdasarkan daya yang berhasil dihimpun dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hingga tanggal 27 Agustus 2020 kasus terkonfirmasi Covid – 19 di Indonesia tercatat sebanyak 162.884 kasus. Bertambah 2.719 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

(Sumber: Kemenkes, 2020)

Berdasarkan data di atas, jumlah kasus terkonfirmasi Covid - 19 pada usia sekolah (5-20 tahun) tergolong lumayan besar yakni lebih dari 10.000 kasus. Sehingga untuk beberapa wilayah masih sangat rentan untuk dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

Sejak tahun ajaran baru dimulai, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat keputusan bahwa pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah secara dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sehingga tidak ada aktivitas pembelajaran di sekolah. Hingga akhirnya pada tanggal 7 Agustus 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama tiga kementerian terkait membuat Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri tentang panduan pembelajaran di masa pandemi Covid – 19. Di dalam keputusan ini dimuat bahwa sekolah yang berada di zona hijau dan kuning boleh melaksakan pembelajaran tatap muka berdasarkan persetujuan dari pemerintah daerah masing masing dan yang paling utama adalah persetujuan dari orang tua peserta didik. Proses pembelajarannya pun harus berdasarkan protokol kesehatan. Wilayah Kota Bengkulu masih masuk dalam kategori zona merah, sehingga pembelajaran tatap muka belum bisa dilaksanakan. Sehingga hingga saat ini masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring.

Proses pembelajaran jarak jauh dalam bentuk daring ini dilksanakan secara synchronous learning. Synchronous learning adalah pembelajaran yang memungkinkan guru dan peserta didik bisa saling berinteraksi secara langsung dalam waktu yang sama. (Agustina, 2020). Pembelajaran ini menggunakan aplikasi teleconference, Zoom Meeting. Zoom Meeting adalah aplikasi yang memungkinkan adanya pertemuan secara virtual dalam waktu yang besamaan. (Harun, 2020)

Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran saat pandemi antara lain : kehadiran peserta didik tepat waktu di aplikasi Zoom Meeting masih rendah, beberapa didik keluar dari Zoom Meeting sebelum pembelajaran selesai dan perkembangan pemahaman peserta didik yang sedikit sulit dilihat melalui pembelajaran dalam jaringan ini.

Selain menggunakan aplikasi Zoom Meeting, proses pembelajaran juga menggunakan aplikasi Quizizz yang digunakan dalam pelaksanaan tes awal atau pretest dan juga tes akhir atau postest. Hal ini diperuntukkan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran.

DESKRIPSI

Best Practice ini dilakukan di SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu yang beralamat di Jalan Merawan 19 RT 25 RW 07 Kelurahan Sawah Lebar kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Peserta didik di SMAIT Iqra’ berjumlah kurang lebih 500 peserta didik dengan jumlah 20 rombongan belajar. Selama pembelajaran jarak jauh, hal-hal sudah dilakukan oleh sekolah untuk para peserta dididk dalam pengembangan kemampuan peserta didik dan karakter berdasarkan karakter JSIT antara lain: menggunakan learning management system menggunakan Quipper School, Google Classroom, aplikasi teleconference (Zoom Meeting, Google Meet), Bina Pribadi Islami secara daring, Morning Qur’an secara daring setiap pagi, menggunakan grup WhatsApp, dan lain sebagainya.

Namun dalam best practice ini metode yang digunakan adalah pembelajaran tatap maya menggunakan Zoom Meeting yang di dalamnya memanfatkan semua fitur yang tersedia. Selain itu diintegrasikan dengan aplikasi Quizizz.

KENDALA

Kendala kendala yang dihadapai saat pembelajaran jarak jauh adalah

  1. Kehadiran tepat waktu peserta didik dalam pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom Meeting masih rendah
  2. Peserta didik meninggalkan pertemuan Zoom Meeting tidak tepat waktu
  3. Pengukuran perkembangan pemahaman peserta didik yang belum maksimal dan monoton.

PEMECAHAN MASALAH

Zoom In Prepoquiz adalah singkatan dari aplikasi Zoom Meeting Integrasi dengan pretest dan post melalui Quizizz. Jadi Pembelajaran tatap maya langsung atau synchronous learning menggunakan Zoom Meeting yang diintegrasikan dengan aplikasi Quizizz untuk pelaksanaan tes awal atau pretest dan test akhir atau postest.  Aplikasi Zoom Meeting sendiri sangat popular digunakan selama pandemi. Sedangkan Quizizz sering digunakan untuk soal soal kuis atau permainan kuis.

Objek utama dalam penggunaan metode ini adalah peserta didik di SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu di kelas yang saya ampu. Antara lain kelas X IPA 6, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Kemudian, metode ini saya pilih karena peserta didik sudah mengenal aplikasi Zoom Meeting dan sudah mengetahui aplikasi Quizizz. Sehingga dalam pelaksanaanya tidak terdapat kendala yang berarti.

Metode ini digunakan saat pelaksanaan pembelajaran yaitu saat kegiatan pendahuluan dan saat kegiatan penutup. Dimana Peserta didik harus mengikuti pretest dan postest sebagai syarat mengisi kehadiran pembelajaran. Dalam penggunaan aplikasi Zoom Meeting, fitur – fitur yang terdapat di aplikasi digunakan dengan sebaik-baiknya guna menujang terjadinya proses pembelajaran yang baik, salah satunya yaitu fitur share screen. Guru menampilkan dan menjelaskan materi ajar sebaik mungkin. Sehingga peserta didik dapat berdiskusi dan pemahaman peserta didik semakin maksimal. Sedangkan penggunaan Quizizz sendiri dalam pretest dan posttest membuat peserta didik msuk tepat waktu di Zoom Meeting dan keluar Zoom Meeting juga sesuai waktunya. Dengan Quizizz ini anak anak bersemagat dalam mengerjakan soal soalnya karena dikemas dalam bentuk yang sangat menarik. Bahkan anak anak seolah berlomba dalam menjawab soal karena nilai setelah menjawab tiap soal langsung muncul di Laptop atau Gawai mereka dan peringkatnya pun kelihatan dan saling susul - menyusul. Bahkan sampai ada peserta didik yang ingin mengerjakan soalnya berkali kali agar bisa lebih cepat dalam menjawab soal sehingga nilainya lebih tinggi dari temannya. Adapun jadwal pelaksanaan metode ini adalah menyesuaikan dengan jadwal pelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

HASIL YANG DICAPAI

Hasil yang dicapai setelah dilaksanakan metode Zoom In Prepoquis adalah sebagai berikut:

Kelas

(Sampel)

Jumlah Peserta Didik

Peserta didik yang dapat hadir di Zoom

Kehadiran Peserta didik Tepat Waktu

Peserta Didik yang Selesai Sampai Akhir

Peningkatan Pemahaman Peserta Didik secara Klasikal

X IPA 6

24

19

19

19

34% - 54%

XI IPA 1

37

31

31

31

34% - 75%

XI IPA 1 (2)

37

32

32

31

48% - 74%

XI IPA 2

30

28

28

27

37% - 58%

Data di atas diambil dari tiga kelas yang dijadikan sampel. Berdasarkan table tersebut, dapat dilihat bahwa persentase kehadiran peserta didik tepat tepat waktu berdasarkan jumlah peserta didik yang dapat hadir di Zoom adalah 100 % atau 19 orang. Lima orang yang tidak bisa bergabung telah konfirmasi sebelumnya. Ada yang sakit, mengalami masalah sinyal dan mati lampu. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran sampai selesai sama dengan jumlah yang hadir di awal yakni 19 orang atau persentasenya 100 %. Dengan demikian metode ini dapat dikatakan berhasil mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh yang dialami mengenai kedisiplinan kehadiran tepat waktu dan mengikuti pembelajaran sampai selesai. Sehingga metode ini dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Dimana sebagai seorang pelajar muslim sikap kedisiplinan merupakn suatu keniscayaan yang harus dimiliki hal ini sesuai dengan SKL JSIT. ( Muhab dan Tim, 2017). Begitu juga dengan kelas atau sampel yang lainnya. Persentase kehadiran tepat waktu juga mecapai 100 persen dari jumlah peserta didik yang dapat mengikuti pembelajaran melalui Zoom.

Berdasarkan table di atas dapat dilihat terjadi peningkatan pemahaman peserta didik kelas X IPA 6 secara klasikal adalah dari 34% menjadi 54 % atau 20 % Bahkan di kelas XI IPA 1 peningkatan pemahaman peserta didik mencapai 41 %, dari 34% menjadi 75%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ini dapat dikatakan berhasil menigkatkan pemahaman peserta didik.

KESIMPULAN

  • Setelah dilaksankan metode Zoom In prepoquis, peserta didik hadir tepat waktu
  • Setelah dilaksankan metode Zoom In prepoquis, peserta didik keluar tepat waktu
  • Setelah dilaksankan metode Zoom In prepoquis, terjadi peningkatan pemahaman peserta didik.

Daftar Pustaka

Agustina, M., 2013. Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Harun, M., 2020. Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Zoom Cloud Meetings Untuk Pembelajaran ElearningJurnal Akrab Juara5(3), pp.102-112.

Muhab, S., Akaydroes, F., Zahri, M., Sofwan, A., Sunarsono, T., Masruri., Suhartono., Zulkarnain, F., Haryati, Y., Furqon, HM., Sucitro, H., Fikri, A., Khoirunnisa, A., Yanita, Y., Pratama., Sugiharto, S., Sukarya., Suhandi., Gestasia, R., Harun, S., Amin, M A., Syahrul, Fitriani F., Julkarnain., Andiani, D., Lenggono, B., Wiguna, R Y., Haryani., Kurnidiwan, H E., Muslikah., Istiqomah, S., Sandwi, M. 2017. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu Edisi Keempat. Jakarta: JSIT Press.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Berhasil Adakan Program "TAX Goes to School" SMA IT IQRA' Jadi Inspirasi Pendidikan Berkelanjutan Kota Bengkulu

SMAITIQRABKL-SMAIT IQRA' Kota Bengkulu mendapat sorotan karena keberhasilannya mengadakan program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pajak dan tan

08/02/2024 15:36 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 119 kali
SMAIT IQRA' Kota Bengkulu Perkuat Profesionalisme dan Mutu Sekolah Melalui Rapat Kerja dan Workshop Implementasi Standar Mutu SIT

  SMAITIQRABKL-Bengkulu, 13 Januari 2024, SMAIT IQRA' Kota Bengkulu menggelar Rapat Kerja dan Workshop Implementasi Standar Mutu SIT dengan semangat "Bersiner

23/01/2024 14:47 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 219 kali
SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu Rayakan Hari Guru Nasional ke-78 Dan Beri Apresiasi Atas Jasa Guru Dengan Penghargaan

SMAITIQRABKL-Pada hari Senin, 27 November 2023, SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu merayakan Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 dengan penuh kebahagiaan dan penghargaan. Momentum ini t

29/11/2023 20:44 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 255 kali
Prestasi Luar Biasa Guru SMA IT IQRA' Kota Bengkulu: Wira Yanasari Raih Medali Emas Nusantara Science & Social Olympiad

SMAITIQRABKL-Keberhasilan dan prestasi terus mengalir dari para pendidik di SMA IT IQRA' Kota Bengkulu. Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Ustaza Wira Yanasari, S.Pd., salah satu g

23/08/2023 22:08 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 386 kali
Raihan Prestasi Gemilang Kancah Internasional! Siswa SMA IT IQRA' Kota Bengkulu Berjaya di WSEEC 2023

SMAITIQRABKL-Kembali membuktikan eksistensinya di panggung internasional, siswa-siswa berbakat dari SMA IT IQRA' Kota Bengkulu berhasil meraih prestasi cemerlang dalam ajang perlombaan

05/08/2023 09:58 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 793 kali
Belajar Geografi Bersama Ustaza Wira: Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Geografi Fase F

SMAITIQRA'-SMAIT IQRA' Kota Bengkulu Menghadirkan Pembelajaran Inovatif untuk Pemahaman Lingkungan. SMAIT IQRA' Kota Bengkulu telah mengambil langkah maju dalam mendukung karakter pedul

29/07/2023 09:17 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 606 kali
Guru SMA IT IQRA' Kota Bengkulu Raih Pencapaian Sebagai 20 Penyaji Paper Terbaik dalam Milad 2 Dasawarsa JSIT Indonesia

SMAITIQRABKL-Kota Bengkulu, 20 Juli 2023-Selamat dan sukses kepada Guru SMA IT IQRA' Kota Bengkulu, Budi Farizal, M.Pd.Mat., atas prestasi gemilangnya sebagai 20 penyaji paper terbaik d

23/07/2023 10:07 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 545 kali
Siswa SMA IT IQRA' Kota Bengkulu: Adli Dan Dwiki Raih Prestasi Gemilang di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Bengkulu

SMAITIQRA-SMA IT IQRA' Kota Bengkulu dengan bangga mengumumkan dua prestasi gemilang yang diraih oleh dua siswanya dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Beng

19/07/2023 21:39 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 406 kali
MPLS SMA IT IQRA' Kota Bengkulu: Menyongsong Tahun Ajaran Baru dan Membangun Karakter Pancasila

SMAITIQRABKL-SMA IT IQRA' Kota Bengkulu menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai langkah awal dalam menyambut tahun ajaran baru. MPLS ini bertujuan untuk me

18/07/2023 09:15 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 364 kali
SMA IT IQRA' Kota Bengkulu Sukses Gelar MPLS Gabungan untuk Kelas X, XI, XII Tahun 2023: Kemendikbud Turut Hadir!

SMAITIQRAKOTABKL-Bengkulu, 17 Juli 2023 - Pada tanggal 17 Juli 2023, SMA IT IQRA' Kota Bengkulu dengan bangga mengadakan acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MP

18/07/2023 08:57 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 317 kali