• SMA IT IQRA
  • Feel All the Wonder Lifting Your Dreams for Brighter Future

Best Practice

LEMASY BAPERVICON TINGKATKAN EFEKTIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID 19

 

Disusun Oleh : SUTRISNO,M.TPd.

 

 

PENDAHULUAN

Pandemi corona atau COVID-19, saat ini menjadi isu yang serius bagi semua negara di belahan dunia, tanpa terkecuali Indonesia. Indonesia merupakan  negara di kawasan asia tenggara yang terdampak COVID-19, meskipun pada awalnya banyak yang mengatakan bahwa iklim di negara kita aman dari COVID-19. Akan tetapi hingga saat ini jumlahnya terus mengalami peningkatan, sebagaimana data yang dirilis oleh gugus tugas penanganan COVID-19 per tanggal 25 Agustus tahun 2020 pasien  terkonfirmasi  positif  bertambah  2.447  menjadi  157.859,  pasien sembuh 1.807 sehingga total dari sebelumnya menjadi 112.867 dan kasus meninggal  dunia mengalami penambahan sebanyak 99 orang sehingga total kasus menjadi 6.858 orang.

Subhi (2020) pandemi ini memberikan dampak  yang sangat serius dan masif hampir  diseluruh  aspek  kehidupan,  baik dalam aspek  sosial, ekonomi, politik dan pendidikan.  Aspek   pendidikan   termasuk yang terdampak sangat kompleks, karena pembelajaran yang semestinya dilaksanakan secara normal dengan  adanya  interaksi  antara guru dan siswa di kelas,  semuanya berubah  total,  sejak bulan Maret pembelajaran diseluruh level jenjang  pendidikan  dilaksanakan  secara  online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dipastikan bahwa target  kurikulum  tidak  dapat  tercapai 100%. Kemendikbud menghimbau kepada seluruh sekolah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebagai usaha untuk memutus rantai menularnya COVID-19, keputusan tersebut tertuang  dalam  instruksi  presiden  melalui mendikbud   dengan surat   edaran  Nomor  4 Tahun 2020  tentang pelaksanaan pendidikan  dalam  masa  darurat  COVID-19.  Selanjutnya dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tahun 2020, dalam ketentuan umum disebutkan bahwa satuan pendidikan yang berada di daerah zona kuning, orange dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

SMAIT IQRA Kota Bengkulu merupakan sekolah yang berada di wilayah zona orange, sehingga pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Berdasarkan hasil pengamatan tentang efektivitas pembelajaran online diberbagai sekolah dimasa pandemi COVID-19, khususnya di  SMAIT IQRA Kota Bengkulu menunjukkan bahwa hampir sebagian besar siswa dan guru bahkan orang tua mengeluh tentang pembelajaran online, hal itu muncul dikarenakan terdapat beberapa masalah yang secara umum dapat digolongkan dalam  beberapa  aspek seperti kemampuan teknis, ketersedian alat, jaringan  internet,  pembiayaan,  interaksi  dan motivasi dalam pembelajaran. Kemudian bagaimana  upaya menjaga  mutu  pendidikan  dimasa  pandemi  seperti  saat  ini,  agar pembelajaran tetap efektif,  jika  kondisi  pembelajaran  yang  tidak  efektif  ini  dibiarkan  berlarut-larut  maka  akan  menjauhkan  pendidikan  dari  standar  mutu  yang harus dimiliki. Astini (2020) menjelaskan bahwa pemanfaatan teknologi informasi sangat membantu dalam pembelajaran di masa Pandemi COVID-19. 

Kemajuan teknologi informasi yang sudah sangat maju saat ini, internet bisa menghubungkan siswa dengan guru melalui laman e-learning, whatsapp group, google classroom, google doc atau google form, zoom, dan lain-lain.  Dalam kondisi demikian maka sekolah dituntun untuk melakukan berbagai upaya diantaranya :

  1. Penggunaan platform Learning Management System, secara masif untuk menjaga tetap berjalannya pembelajaran secara efektif.
  2. Guru dituntut untuk beradaptasi cepat dalam menyiapkan materi ajar, instrumen penilaian serta membuat laporan perkembangan belajar siswa secara online.
  3. Mencari solusi dalam memantau efektivitas belajar siswa, serta produktivitas guru.
  4. Mencari solusi kegiatan penunjang pembelajaran lain seperti peminatan pasca kelulusan, penerimaan siswa baru, dalam kondisi pandemi hal ini merupakan salah satu masalah baru bagi sekolah.

Dari berbagai permasalahan yang muncul terkait dengan rendahnya efektivitas pembelajaran dimasa pandemi COVID-19 sebagaimana dikemukakan diatas, SMAIT IQRA berupaya untuk menerapkan Lemasy Bapervicon yang merupakan singkatan dari Learning Management System Berbasis Quiper dan Video Conference,  untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Learning Management System adalah teknologi yang dikembangkan khusus untuk mengelola sistem pembelajaran online, selanjutnya Quiper adalah merupakan salah satu platform Learning Management System yang menyediakan layanan pembelajaran daring secara gratis pada jenjang SMP dan SMA, selama masa pandemi COVID-19. Sedangkan video conference adalah adalah teknologi yang memungkinkan pengguna yang berada pada lokasi yang berbeda untuk mengadakan pertemuan tatap muka tanpa harus pindah ke satu lokasi bersama. Secara umum dapat diartikan bahwa Lemasy Bapervicon merupakan penerapan learning management system berbasis Quiper yang digunakan untuk pembelajaran daring, dikombinasikan dengan video conference yang digunakan untuk pembelajaran tatap muka secara virtual. Kombinasi pemanfaatan learning management system berbasis Quiper dan video conference menggunakan konsep blended learning yang memadukan antara pembelajaran tatap muka secara virtual dengan pembelajaran daring dan praktek. Dengan diterapkannya Lemasy Bapervicon di SMAIT IQRA, diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan mutu pembelajaran, meskipun dalam kondisi pandemi pembelajaran yang dilaksanakan di SMAIT IQRA tetap efektif.

 Deskripsi Metode Layanan PJJ

SMAIT IQRA berlokasi di Jl. Merawan, Sawah Lebar Kota Bengkulu, didirikan oleh Yayasan Al Fida pada tahun 2014, dengan nilai akreditasi A. Dari tahun ke tahun SMAIT IQRA terus mengalami penambahan jumlah siswa mulai dari 95 siswa diawal berdiri pada tahun 2014, saat ini jumlah siswa SMAIT IQRA telah mencapai 565. Sedangkan jumlah guru dan karyawan di SMAIT IQRA saat ini sebanyak 45 orang. Berbagai prestasi yang pernah di raih oleh SMAIT IQRA diantaranya :

  1. Akreditasi A Tahun 2017
  2. Sekolah Kewirausahaan Tahun 2019
  3. Sekolah Adiwiyata Tahun 2018
  4. Mendali Emas dan Perak Word Invention Creativity Olimpic (WICO 2019) Korea Selatan.
  5. Mendali emas Festival of Innovation of Green Technologi Ifinog 2019 Kualalumpur.
  6. Mendali Emas dan perunggu Internasional Science and Innovation (ISIF 2019) Denpasar.
  7. Mendali Perak FIKSI 2019
  8. Mendali Perak ARKI/FLS 2019
  9. Mendali Perunggu OPSI 2018
  10. Finalis OSN, FLS2N, LDBI/NSDC 2018
  11. Juara 2 Kawah kepemimpinan pelajar (KKP Direktorat PSMA) 2018
  12. Delegasi SYC Program pertukaran pelajar Internasional di Singapura 2019.

SMAIT IQRA merupakan sekolah Islam Terpadu anggota JSIT Indonesia. Muhab dkk, (2017) Menyatakan bahwa Sekolah Islam terpadu adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep Pendidikan Islam yang berlandaskan Alquran dan As Sunnah serta dilandasi oleh Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam pembelajaran penambahan kurikulum khas SIT, merupakan ciri khas yang ingin diunggulkan berkaitan dengan status sekolah sebagai sekolah Menengah Atas Islam Terpadu. Oleh karena itu, kurikulum khas SIT merupakan pengembangan dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran umum lainnya. Kurikulum khas SIT juga disesuaikan dengan tumbuh kembang siswa. Selain penambahan kurikulum khas SIT, pembelajaran didalam kelas didukung oleh program pembiasaan yang didasarkan kepada nilai-nilai Al Quran dan As sunnah serta pemahaman yang shahih. Para siswa diajarkan adab-adab Islami, baik dalam bergaul dengan sesama siswa guru dan orang tua. Mereka sudah dibiasakan menginternalisasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 sudah barang tentu memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pembelajaran, sehingga program-program pembelajaran baik akademik maupun non akademik tidak dapat terlaksana secara efektif, sebab Kota Bengkulu merupakan salah satu wilayah yang termasuk dalam zona orange. Sehingga banyak aktifitas kehidupan masyarakat Kota Bengkulu yang tidak dapat berjalan secara normal, terutama pada aspek pendidikan. Menyikapi kondisi yang demikian SMAIT IQRA berupaya menyiapkan langkah-langkah strategis agar pembelajaran tetap berjalan efektif. LPPKS (2020) Menyatakan bahwa dalam menyikapi pembelajaran dimasa pandemi COVID-19 kepala sekolah setidaknya melakukan 3 langkah strategis antara lain : Langkah perencanaan, langkah pelaksanaan dan langkah evaluasi. Adapun langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh SMAIT IQRA diantaranya adalah :

  1. Tahap Persiapan.

Melakukan koordinasi efektif dengan dinas pendidikan, komite, guru dan staf sekolah. Update informasi resmi untuk dibagikan kepada komite, guru, karyawan, paguyuban orang tua. Membuat surat tugas kepada guru untuk pembelajaran daring. Membuat surat pemberitahuan/edaran (online) kepada orang tua tentang pelaksanaan pembelajaran daring. Mendata kemampuan guru terkait penguasaan media pembelajaran daring (Wa, Fb, Webex, Zoom, Google Classroom, dll). Merancang solusi untuk guru dan murid yang mengalami hambatan dalam penggunaan media pembelajaran daring (pelatihan singkat, pendampingan teman sejawat, belajar mandiri, home visit, dll). Mendata kepemilikan fasilitas pembelajaran daring peserta didik (komputer, HP, kuota internet, dll). Merevisi RKAS sesuai regulasi yang berlaku (Revisi juknis BOS reguler/SE terkait) Permendikbud No 19 Tahun 2020 dan SE No 4 Tahun 2020. Meminta guru membuat perencanaan pembelajaran daring (harian/mingguan/yang disepakati sehingga orang tua paham apa yang harus dilakukan). Mendelegasikan kepada guru untuk sosialisasi pelaksanaan pembelajaran daring dan media yang digunakan kepada orang tua peserta didik. Meminta guru menyiapkan atau menyusun bahan ajar/tugas yang akan diunggah atau didistribusikan kepada peserta didik. Meminta guru untuk mengirim/mengunggah bahan/media pembelajaran berupa modul, tutorial,video,latihan soal, dan lembar kerja ke dalam media yang telah disepakati.

  1. Tahap Pelaksanaan.

Memberi arahan guru agar memberikan penjelasan atas pertanyaan/tugas yang disampaikan kepada orangtua/murid. Memberi arahan guru untuk memeriksa dan melakukan evaluasi atas proses pembelajaran dari rumah untuk mendapatkan umpan balik hasil pembelajaran. Memberi arahan guru untuk memberikan umpan balik ragam penugasan yang telah diselesaikan siswa. Mengagendakan koordinasi/rapat online secara rutin dengan seluruh guru dan staf sekolah secara intensif melalui media (WAG, telegram, webex, zoom, dll) tentang perkembangan pelaksanaan pembelajaran daring. Menjalin komunikasi intensif sesama kepala sekolah (MKKS) untuk belajar dari pengalaman komunitas sejawat. Melibatkan pihak-pihak terkait (Pengawas sekolah, komite sekolah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat) dalam rangka membangun kepercayaan bersama memantau kesehatan guru/peserta didik melalui WAG atau media lain yang dikelola oleh wali kelas. Memberikan informasi perkembangan positif tentang pandemi Covid-19 dan tips-tips untuk hidup sehat kepada guru, orangtua, maupun murid.

  1. Tahap Evaluasi.

Memberikan umpan balik kepada guru terkait tugas pembelajaran daring yang telah dilakukan guru (reward atau penghargaan bagi guru yang rajin kooperatif, dan lain-lain). Melakukan pembimbingan/pendampingan online bagi guru yang belum melaksanakan tugas dengan baik. Melaksanakan supervisi/monitoring pembelajaran secara online untuk memantau keterlaksanaan proses pembelajaran daring. Mengidentifikasi kendala/permasalahan yang ditemukan setelah pembelajaran daring. Melaporkan hasil kegiatan belajar daring kepada Yayasan, dinas Pendidikan dan orang tua peserta didik.

           

  1. Masalah Yang Dihadapi Selama PJJ

            Berdasarkan hasil evaluasi selama proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan  di SMAIT dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kendala yang muncul, diantaranya adalah :

  1. Kendala yang dialami oleh guru

Kemampuan guru untuk beradaptasi secara cepat dalam menyiapkan materi ajar, bahan penilaian serta membuat laporan perkembangan belajar siswa secara online masih rendah. Guru mengalami kesulitan dalam memantau perkembangan belajar siswa, serta memastikan keaktifan siswa dalam mengikuti PJJ. Guru mengalami kesulitan dalam mengorganisir pembelajaran, karena belum tersedia platform khusus yang memenej sistim pembelajaran.

  1. Kendala yang dialami oleh sekolah

Sekolah mengalami kesulitan mencari solusi dalam memantau efektifitas belajar siswa, dan produktivitas guru, serta mengalami kesulitan dalam mencari solusi kegiatan penunjang KBM lain seperti peminatan pasca kelulusan serta penerimaan siswa baru.

  1. Kendala yang dialami oleh siswa

Tidak semua perangkat elektronik yang di miliki peserta didik dapat mendukung ragam aplikasi yang digunakan guru dalam pembelajaran. Siswa mengalami kebingungan karena masing-masing guru membuat WAG, dan menggunakan media atau aplikasi yang berbeda antara satu guru dengan guru yang lainnya, konten materi yang diberikan oleh guru masih sangat minim, sebab guru tidak memiliki cukup banyak waktu untuk menyiapkan konten pembelajaran setiap harinya.

  1. Kendala yang dialami orang tua

Orang tua tidak dapat memantau perkembangan belajar siswa, orang tua merasa kurang puas dengan layanan pembelajaran daring yang dilakukan oleh sekolah, hal ini diakibatkan minimnya konten materi, yang dibutuhkan oleh siswa, serta minimnya sarana penunjang KBM untuk pengembangan karir siswa.

 

Pemecahan Masalah

            Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ)  di SMAIT IQRA, fihak sekolah mencoba untuk menerapkan Lemasy Bapervicon learning management system Berbasis Quiper dan Vidio Conference sebagai media PJJ yang mampu mengintegrasikan semua mata pelajaran dalam satu platform e-learning, dalam pemanfaatannya learning management system berbasis Quiper ini nantinya akan dikolaborasikan dengan tatap muka virtual dan praktek dari rumah, atau dikenal dengan istilah blended learning. Dengan adanya learning management system sebagai media PJJ, diharapkan pembelajaran dapat berjalan lebih efektif baik bagi guru, sekolah, siswa maupun orang tua siswa. Untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, learning management system berbasis Quiper yang dikembangkan di SMAIT IQRA manyajikan berbagai menu menarik dan menyesuaikan dengan kebutuhan guru maupun siswa, sehingga mampu menjadi solusi atas segala permasalahan yang muncul sebagaimana disebutkan diatas. Diantara menu-menu tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Tampilan utama LMS Quiper SMAIT IQRA

            Gambar 1. Menu utama LMS Quiper SMAIT IQRA.

Dalam menu utama terdapat beberapa kolom : 1) Kurikulum dan tugas berisi ribuan konten materi dan video pembelajaran Kurikulum 2013 yang tersedia secara gratis, selain yang ada dalam LMS Quiper, konten juga bisa dibuat sendiri oleh guru. Sehingga guru bisa memasukkan konten materi keterpaduan sesuai dengan ciri khas sekolah Islam Terpadu. Selain konten materi dan video pembelajaran didalam kolom kurikulum dan tugas juga tersedia konten evalusi berupa bank soal dan kumpulan tugas. 2) Kolom statistik, pada kolom ini berisi laporan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang disajikan secara otomatis. Sehingga guru, kepala sekolah dan fihak terkait dapat memantau perkembangan efektivitas pembelajaran setiap saat secara online. 3) Kolom daftar kelas berisi data kelas online per bidang studi dari seluruh kelas yang ada di SMAIT IQRA. 4) Kolom siswa berisi daftar akun siswa yang ada dalam LMS Quiper. 5) Kolom pengelola merupakan menu yang digunakan untuk mengatur sistim pembelajaran online.

  1. Test minat bakat

Sebagai media profiling & pemetaan minat siswa, tes minat bakat adalah solusi mudah bagi siswa yang bingung tentang jurusan apa yang harus dipilih saat kuliah nanti.

Gambar 2. Fitur tes minat bakat pada LMS Quiper.

 

 

  1. Test gaya belajar

Sebagai media profiling & pemetaan kesesuaian gaya belajar siswa SMAIT IQRA

Gambar 3. Fitur tes gaya belajar pada LMS Quiper.

 

  1. Kelas virtual

Memanfaatkan materi ajar yang sudah ada dalam LMS Quiper maupun materi ajar yang disiapkan oleh guru

 

 

 

 

 

 

Gambar 4. Kelas virtual pada LMS Quiper.

  1. Kelas virtual mandiri

Memungkinkan guru membuat materi sesuai dengan kebutuhan kekhassan sekolah Islam Terpadu, di luar materi yang disediakan LMS Quiper.

  1. Pemberian tugas belajar

Melalui sistem pemberian kode kelas dengan fleksibilitas waktu/durasinya.

 Gambar 5. Fitur pemberian tugas pada LMS Quiper.

  1. Menu ulangan harian

Melalui materi soal yang sudah ada dalam LMS, maupun materi yang dibuat oleh guru sesuai dengan kebutuhan

  1. Menu ujian semester melalui materi soal yang sudah ada, maupun materi yang dibuat oleh guru sesuai dengan kebutuhan

Gambar 6. Menu ulangan harian dan ujian semester pada LMS Quiper

 

 

  1. Report statistik terperinci

Mengenali siswa, nilai serta kesulitan dalam mapel tertentu, memudahkan guru dalam menganalisis kesulitan belajar siswa dalam mapel tertentu, mengunduh hasil penilaian dalam format excel maupun pdf.

Gambar 7. Tampilan laporan statistik efektivitas pembelajaran siswa.

  1. Pendalaman Materi untuk SBMPTN

Guru dapat memanfaatkan konten soal intensif yang relevan untuk pendalaman materi SBMPTN

  1. Informasi detail mengenai PTN

Siswa mendapatkan akses informasi mengenai PTN, fakultas, jurusan serta hal lain terkait informasi sosial seputar perkuliahan

  1. Cek peluang kelulusan

Siswa dipandu untuk menyusun strategi pemilihan jurusan guna memperbesar peluang masuk PTN.

Gambar 8. Tampilan menu informasi detail perguruan tinggi.

  1. Soal HOTS

Berisi menu pelatihan untuk guru secara online dalam membuat soal-soal HOTS serta manajemen kelas.

  1. Rencana pelaksanaan pembelajaran

Berisi menu pelatihan untuk guru secara online dalam pembuatan RPP.

Gambar 9. Tampilan menu pelatihan guru secara online.

  1. Potensi Siswa

Referensi lengkap untuk guru bimbingan dalam membantu siswa memahami potensi dirinya.

Selain pembelajara daring yang dilaksanakan dengan memanfaatkan learning management system berbasis Quiper, untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran, sekolah juga menerapkan kebijakan pembelajaran tatap muka secara virtual dengan menggunakan berbagai aplikasi video conference seperti zoom meeting, google meet, webex dan lainnya. Pola kombinasi yang dilaksanakan mengacu pada konsep Blended Learning. Pada satu sesi pembelajaran dilakukan dengan tatap maya atau tatap muka secara virtual, Pada sesi berikutnya dilakukan secara daring memanfaatkan learning management system, kemudian dilengkapi dengan praktik, sebagaimana terlihat pada info grafis pola blended learning SMAIT IQRA.

Gambar 10. Pola Blended Learning SMAIT IQRA.

Berdasarkan gambar diatas, pola blended learning yang diterapkan di SMAIT IQRA adalah merupakan pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) murni atau full belajar dari rumah (BDR), sebab tatap muka yang dilakukan juga dilaksanakan secara virtual termasuk kegiatan praktek juga dilaksanakan dari rumah siswa masing-masing. Berikut adalah sampel pembelajaran tatap muka virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan google meet.

Gambar 11. Tatap muka virtual menggunakan aplikasi zoom meeting.

            Gambar 12. Tatap muka virtual menggunakan google meet

            Gambar 13. Dokumentasi kegiatan praktik program kewirausahaan dilaksanakan di rumah.

           

Selain kegiatan akademik selama PJJ, SMAIT IQRA juga tetap konsisten dengan pengembangan nilai-nilai karakter Islami, sebagaimana tuntutan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) JSIT. Program penguatan karakter dilakukan dalam bentuk tatap muka virtual dan sesekali dalam bentuk praktik. Berikut adalah dokumentasi penanaman karakter Islami dalam rangka mencapai target SKL SIT.

            Gambar 14. Program P2LS Daring

 

            Gambar 15. Kegiatan upacara HUT RI dan Upacara hari senin secara virtual & kombinasi.

Hasil yang Dicapai

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, setelah diterapkannya LEMASI BAPERVICON (Learning Management System Berbasis Quiper dan Video Conference) pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SMAIT IQRA mengalami peningkatan efektivitas secara signifikan. Sebagaimana terlihat pada sampel laporan aktivitas pembelajaran yang diambil dari Learning Management System Berbasis Quiper dibawah ini.

 

Gambar 16. Laporan aktivitas pembelajaran siswa.

Berdasarkan data laporan aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa dengan penerapan Lemasy Bapervicon, mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran secara signifikan. Selain data diatas peningkatan juga terlihat pada beberapa sisi antara lain :

  1. Dari sisi guru
  • Dengan adanya Lemasy Bapervicon, guru mendapatkan kemudahan dalam mengorganisir pembelajaran jarak jauh (PJJ).
  • Guru mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan program penilaian.
  • Guru lebih mudah dalam memantau progress hasil belajar siswa.
  • Guru mendapatkan fasilitas pelatihan online untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengajar.
  1. Dari sisi siswa
  • Siswa memiliki kesempatan belajar secara luas dan fleksibel, bisa kapan saja dimana saja.
  • Siswa lebih mudah memahami materi karena tersedia ribuan konten video dan materi pembelajaran yang bisa diputar berulang-ulang untuk menambah pemahaman.
  • Siswa mendapatkan berbagai fasilitas penunjang KBM, seperti tes gaya belajar, minat bakat dan persiapan masuk perguruan tinggi.
  1. Dari sisi orang tua
  • Orang tua bisa ikut memantau perkembangan belajar anaknya.
  • Orang tua merasa puas karena meskipun PJJ, akan tetapi sekolah memberikan layanan pembelajaran yang efektif dan bermutu.
  1. Dari sisi sekolah
  • Sekolah mendapatkan kemudahan dalam memonitoring aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, serta kemudahan dalam memantau perkembangan belajar siswa.
  • Sekolah lebih mudah memberikan pembinaan kepada guru.
  • Sekolah dapat menghemat biaya operasional UTS dan UAS, Sebab saat dilaksanakan secara manual sekolah harus menyiapkan biaya operasional minimal 20 juta rupiah untuk penggandaan soal dan LJK, setelah menggunakan LMS, biaya penggandaan soal dan LJK menjadi 0 Rupiah.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa penerapan Lemasy Bapervicon yang merupakan singkatan dari Learning Management System Berbasis Quiper dan Video Conference” secara signifikan dapat meningkatkan efektivitas guru SMAIT IQRA dalam melaksanakan proses pembelajaran dimasa pandemi COVID-19. Peningkatan terjadi pada semua unsur, mulai dari unsur siswa, guru, sekolah bahkan orang tua siswa. Dengan adanya peningkatan efektivitas pembelajaran maka akan berdampak pada kepuasan orang tua terhadap layanan pembelajaran yang diberikan oleh sekolah, sehingga berdampak pula pada pembayaran keuangan sekolah.

  

Daftar Pustaka

Astini. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran  Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP https://e-            journal.stkipamlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang diunduh 25 Agustus 2020.

LPPKS. (2020). Panduan Kerja Kepala Sekolah Dimasa Pandemi COVID-19 Buklet.Kemdikbud.

Muhab, S., Alaydroes, F., Zahri, M., Sofwan, A., Sunarsono, T., Masruri., Suhartono., Shintawati., Zulkarnain, F., Haryati, Y., Furqon, M., Sucitro, H., Fikri, A., Khoirunnisa, A., Yanita, Y., Pratama., Sugiharto, S., Sukarya., Suhandi., Gestasia, R., Harun, S., Amin, M.A., Syahrul,F.F., Julkarnain., Andriani, D., Lenggono, B., Wiguna, R.Y., Haryani., Kurniawan, H.E., Muslikah., Istiqomah, S., Sandwi, M. (2017). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu Jakarta: Rabbani Press.

Subhi. (2020). Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid 19. Edification   Journal Pendidikan Agama Islam.http://www. https://jurnal.staibsllg.ac.id/ diunduh 27 Agustus             2020

 

4 Komentar

Maa Syaa Allah... Tabaarokallahu... Luar biasa. Izin copas ustadz untuk referensi. Terima kasih. Semoga SMAIT Iqro tetap jaya dalam membentuk generasi Islam...

Bagus bangetsss menginspirasi....

Situasi pandemi covid-19, tidak menyurutkan Semangat para Guru sebagai upaya meningkatkan prestasi siswa, Pak Sutrisno yg luar biasa, hebat sangat menginspirasi, sangat bermanfaat karyanya, lanjutkan........

Luar Biasa Untuk Bapak Sutrisno, Sangat bermanfaat, SMA IT IQRA Hebat

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Ifthor Jama'i Keluarga Besar SMAIT IQRA

Bengkulu, 5 April 2024 – Suasana Ramadhan semakin terasa di SMAIT IQRA Bengkulu. Pada hari Jum'at, 5 April 2024, keluarga besar SMAIT IQRA menyelenggarakan Ifthor Jama'i di Masj

09/04/2024 14:15 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 85 kali
Berhasil Adakan Program "TAX Goes to School" SMA IT IQRA' Jadi Inspirasi Pendidikan Berkelanjutan Kota Bengkulu

SMAITIQRABKL-SMAIT IQRA' Kota Bengkulu mendapat sorotan karena keberhasilannya mengadakan program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pajak dan tan

08/02/2024 15:36 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 165 kali
SMAIT IQRA' Kota Bengkulu Perkuat Profesionalisme dan Mutu Sekolah Melalui Rapat Kerja dan Workshop Implementasi Standar Mutu SIT

  SMAITIQRABKL-Bengkulu, 13 Januari 2024, SMAIT IQRA' Kota Bengkulu menggelar Rapat Kerja dan Workshop Implementasi Standar Mutu SIT dengan semangat "Bersiner

23/01/2024 14:47 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 270 kali
SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu Rayakan Hari Guru Nasional ke-78 Dan Beri Apresiasi Atas Jasa Guru Dengan Penghargaan

SMAITIQRABKL-Pada hari Senin, 27 November 2023, SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu merayakan Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 dengan penuh kebahagiaan dan penghargaan. Momentum ini t

29/11/2023 20:44 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 298 kali
Prestasi Luar Biasa Guru SMA IT IQRA' Kota Bengkulu: Wira Yanasari Raih Medali Emas Nusantara Science & Social Olympiad

SMAITIQRABKL-Keberhasilan dan prestasi terus mengalir dari para pendidik di SMA IT IQRA' Kota Bengkulu. Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Ustaza Wira Yanasari, S.Pd., salah satu g

23/08/2023 22:08 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 423 kali
Raihan Prestasi Gemilang Kancah Internasional! Siswa SMA IT IQRA' Kota Bengkulu Berjaya di WSEEC 2023

SMAITIQRABKL-Kembali membuktikan eksistensinya di panggung internasional, siswa-siswa berbakat dari SMA IT IQRA' Kota Bengkulu berhasil meraih prestasi cemerlang dalam ajang perlombaan

05/08/2023 09:58 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 835 kali
Belajar Geografi Bersama Ustaza Wira: Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Geografi Fase F

SMAITIQRA'-SMAIT IQRA' Kota Bengkulu Menghadirkan Pembelajaran Inovatif untuk Pemahaman Lingkungan. SMAIT IQRA' Kota Bengkulu telah mengambil langkah maju dalam mendukung karakter pedul

29/07/2023 09:17 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 646 kali
Guru SMA IT IQRA' Kota Bengkulu Raih Pencapaian Sebagai 20 Penyaji Paper Terbaik dalam Milad 2 Dasawarsa JSIT Indonesia

SMAITIQRABKL-Kota Bengkulu, 20 Juli 2023-Selamat dan sukses kepada Guru SMA IT IQRA' Kota Bengkulu, Budi Farizal, M.Pd.Mat., atas prestasi gemilangnya sebagai 20 penyaji paper terbaik d

23/07/2023 10:07 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 575 kali
Siswa SMA IT IQRA' Kota Bengkulu: Adli Dan Dwiki Raih Prestasi Gemilang di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Bengkulu

SMAITIQRA-SMA IT IQRA' Kota Bengkulu dengan bangga mengumumkan dua prestasi gemilang yang diraih oleh dua siswanya dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Beng

19/07/2023 21:39 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 447 kali
MPLS SMA IT IQRA' Kota Bengkulu: Menyongsong Tahun Ajaran Baru dan Membangun Karakter Pancasila

SMAITIQRABKL-SMA IT IQRA' Kota Bengkulu menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai langkah awal dalam menyambut tahun ajaran baru. MPLS ini bertujuan untuk me

18/07/2023 09:15 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 403 kali