Skip to main content
x
karya sma it iqra bengkulu

Siswa SMA IT IQRA’ Kota Bengkulu Hasilkan Teks Laporan Observasi Berkualitas tentang “Galon Air”

SMAITIQRABKL—Salah satu siswa SMA IT IQRA’ Kota Bengkulu, Nayla Ramadhani dari kelas X PI 4, berhasil menulis sebuah karya ilmiah sederhana berupa Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) dengan judul “Galon Air.” Tulisan ini merupakan bagian dari tugas pembelajaran Bahasa Indonesia yang berfokus pada keterampilan menulis teks faktual dan observatif.

Dalam laporannya, Nayla menjelaskan secara rinci tentang galon air sebagai wadah penyimpanan air minum yang populer di Indonesia. Ia menguraikan aspek fungsional, bahan penyusun, hingga potensi dampak kesehatan akibat penggunaan bahan tertentu seperti Bisphenol-A (BPA) dalam galon isi ulang. Teks tersebut juga menampilkan pembagian jenis galon air—mulai dari galon air mineral, galon air isi ulang, hingga galon air alkali, lengkap dengan keunggulan dan tips penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui tulisannya, Nayla menunjukkan kemampuan analisis yang baik serta kecermatan dalam menyusun informasi secara sistematis. Ia tidak hanya mendeskripsikan objek, tetapi juga menyertakan saran praktis untuk menjaga kebersihan dan keamanan penggunaan galon air, seperti menyimpannya di tempat sejuk dan tertutup, menjaga kebersihan tutup galon, dan menghindari kontak langsung dengan lantai.

Karya tersebut telah melalui tahap penyuntingan oleh Qelysa Mevadhisofie, yang menilai teks Nayla sudah memenuhi kriteria kelengkapan isi, kejelasan informasi, dan ketepatan ejaan serta tata bahasa.

Guru Bahasa Indonesia SMA IT IQRA’ Kota Bengkulu menyampaikan apresiasi atas karya tersebut. “Karya Nayla menunjukkan bahwa kemampuan menulis ilmiah bisa diasah melalui pengamatan sederhana di sekitar kita. Inilah wujud nyata pembelajaran kontekstual yang berorientasi pada literasi dan kepekaan terhadap lingkungan,” ujar guru pembimbing.

Melalui kegiatan ini, SMA IT IQRA’ terus mendorong siswa-siswinya untuk aktif berfikir kritis, meneliti, dan menulis secara ilmiah. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan budaya literasi yang kuat di lingkungan sekolah sekaligus membekali peserta didik dengan kemampuan menulis yang baik dan beretika.

Baca laporan lengkapnya klik link ini: https://drive.google.com/file/d/1qEPqILGz7gTX85IUWm7Ru_cUI2uMHl9w/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/1qEPqILGz7gTX85IUWm7Ru_cUI2uMHl9w/view?usp=sharing

 

Editor: Gunawan