• SMA IT IQRA
  • Feel All the Wonder Lifting Your Dreams for Brighter Future

Naskah Pidato Karya Atiqah Mardhiyah

Atiqah Mardhiyah
SMAIT IQRA KOTA BENGKULU


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua
Dewan juri yang saya hormati, para pembimbing, serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia

Segala puji hanya milik Allahu Rabbi. Segala zat yang maha pengasih maha Ghofur zat yang Maha Syukur yang telah memberikan beribu-ribu nikmat yang tidak terukur. Sehingga kita dapat berkumpul di acara ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Hadirin yang saya hormati...

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Perbaikan Sistem Pendidikan Era Generasi

Hadirin yang saya muliakan...

Pendidikan sangat erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan karena pendidikan adalah sebuah elemen penting dalam kehidupan yang harus menjadi perhatian semua pihak.

Untuk menguasai pengetahuan yang kita butuhkan adalah akal pikiran yang sudah kita dapatkan secara gratis dari Allah subhanahu wa taala.

Lahirnya bangsa yang cerdas dan bijaksana dimulai dari generasinya sendiri. Begitu penting arti sebuah pendidikan dalam membangun sebuah bangsa yang kuat.

Terlebih, kita dihadapi oleh generasi Z yang memiliki sifat dan karakter yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

Yaitu generasi yang lebih beragam, bersifat global, serta memberikan pengaruh pada budaya dan sikap masyarakat. Mari kita lihat bagaimanakah dengan pendidikan di Indonesia di era globalisasi ini? Indonesia berada pada
urutan keempat di Asia Tenggara setelah Malaysia, Singapura, dan Thailand. Menurut data World Population Review pada tahun 2021, Indonesia berada di peringkat ke 54 dari total 78 negara dalam rangking sistem pendidikan dunia.

Berdasarkan fakta yang kita ketahui bersama bahwa pendidikan di Indonesia saat ini masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya

Hadirin yang berbahagia....

Suramnya wajah pendidikan Indonesia seperti ini bisa saja disebabkan oleh beberapa penyebab yang pertama (1) Kurikulum Indonesia yang tidak rmemenuh kebutuhan generasi masa kini.

Sehingga kurangnya kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing ke dunia kerja. (2) Kurangnya wadah untuk melatih berpikir kritis. (3) Ruang yang relatif sempit untuk mengeksplor minat siswa. Hal ini terjadi disebabkan karena adanya tugas tambahan individu atau kelompok dan jam sekolah yang cenderung lebih lama.

Berdasarkan lembaga statistika, BPS bahwa 87% mahasiswa Republik Indonesia salah jurusan saat kuliah.

Hadirin yang saya hormati...

Perbaikan harus segera dibenahi untuk memaksimalkan lulusan yang berkompeten dan mampu berkontribusi untuk kedepannya.

Karena semua itu tak bisa kita dapatkan dengan cara instan butuh proses yang panjang dan juga konsistensi yang tinggi.

Jika bukan kita siapa lagi dan jika bukan sekarang kapan lagi.

Maka dari itu mari kita sama-sama mewujudkan aspirasi Indonesia dengan meningkatkan sistem dan kualitas pembelajaran di era globalisasi ini agar generasi kita mampu bersaing di kancah internasional dan mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045.

Hadirin yang saya muliakan...

Sebelum saya akhiri, izinkan saya menyampaikan sebuah pesan dari Ki Hajar Dewantara “Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.

Di Depan, Seorang Pendidik harus memberi Teladan atau Contoh Tindakan Yang Baik, Di tengah atau di antara Murid, Guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan Arahan” Maksudnya adalah seseorang baru bisa dianggap berpendidikan jika mampu memanfaatkan pendidikan itu untuk kebaikan dirinya sendiri dan juga orang lain.

Jika pendidikan yang dimiliki hanya menjadi alasan untuk merendahkan orang lain, maka pendidikan tidak seharusnya diberikan kepadanya.

Jadi, jangan pernah menjadikan pendidikan tinggi sebagai alasan untuk merendahkan, namun sebagai pengingat bahwa ada banyak hal lain yang belum kamu mengerti dan perlu diraih.

Sekian yang dapat saya sampaikan, saya akhiri dengan sebuah pantun.

Jika kapal sudah melaju Mari kita banyak berdoa Jika ingin negeri maju Pendidikan harus utama.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

7 Komentar

halo kak ! aku sangat tertarik dengan tulisan kakak, karena pemilihan kata yang pas. izin untuk di jadikan sebagai inspirasi untuk pembuatan pidato ku ya, kak. terimakasih banyak sebelumnya.

haiii kaa, izin pake naskah nya yaa.. aku bedain kok, cuma konsep nya ajaa kok!!! bolee plzz, buat ujian praktek. THXX KAAAKK!!!

Tugas pidato b.indo fachri fadhillah mustapa kelas 8f

Naskah bagus sekali untuk menjadikan contoh bagi pemula sebagai dasar untuk meningkatkan keberanian berbicara di depan umum. Kalau boleh mengajukan permintaan, sediakan juga teks khusus untuk pidato keagamaan.

Naskah nya bagus bagi orang yg membacanya Jika pendidikan yang dimiliki hanya menjadi alasan untuk merendahkan orang lain, maka pendidikan tidak seharusnya diberikan kepadanya. Jadi, jangan pernah menjadikan pendidikan tinggi sebagai alasan untuk merendahkan, namun sebagai pengingat bahwa ada banyak hal lain yang belum kamu mengerti dan perlu diraih.

Naskahnya bagus dan juga baik untuk jadi contoh bagi yg di bacakan Jika pendidikan yang dimiliki hanya menjadi alasan untuk merendahkan orang lain, maka pendidikan tidak seharusnya diberikan kepadanya. Jadi, jangan pernah menjadikan pendidikan tinggi sebagai alasan untuk merendahkan, namun sebagai pengingat bahwa ada banyak hal lain yang belum kamu mengerti dan perlu diraih.

Naskah bagus sekali untuk menjadikan contoh bagi pemula sebagai dasar untuk meningkatkan keberanian berbicara di depan umum. Kalau boleh mengajukan permintaan, sediakan juga teks khusus untuk pidato keagamaan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Puisi Karya Latisya Nashwa Agidia

PUISI TENTANG BENGKULU LATISYA NASHWA AGIDIA X PI 3 Jalan jalan ke BengkuluKe Bengkulu minum sirupAdalagi daerah di BengkuluSalah satunya daerah CurupPergi liburan ke BengkuluJangan

29/09/2023 20:49 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 549 kali
Puisi Karya Naura Syahda

Bumi Rafflesia By Naura Syahda Berada di barat daya pulau sumatraMembujur sepanjang pantaiHijau tampak membentang kejauhanElok bak permata hijau kebiruan Cerana yang menunjukkan keka

29/09/2023 20:38 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 1887 kali
Puisi Karya Naura Muthiā€™ah

Naura Muthi’ahXII IPS 2 Bengkulu dan akuBengkulu kota kuTempat aku lahir dan tumbuhMenjadi tempat ku menimba ilmu Bengkulu kota kuKota yang banyak melihat aku menangisTempat yan

29/09/2023 20:34 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 1234 kali
Pantun Karya Airinza Kartika Putri Dewi Musi

AIRINZA KARTIKA PUTRI DEWI MUSIX PI 3 Orang Bengkulu membuek ketupekDibuek dari daun kelapoJanganlah suko membuek upekOrang pengupek banyak dosoJalan Jalan ke rumah aisTidak lupa membe

29/09/2023 20:29 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 689 kali
Pantun Karya Gaizkha Shafiya

Gaizkha Shafiya YXII IPA 4   Pergi bersama ibu ke swalayanDi swalayan membeli rambutanMasa muda jangan disia siakanAgar saat tua tidak kesulitan Jalan jalan ke AcehSaat sampai b

29/09/2023 20:25 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 731 kali
Pantun Karya Indah

    Pergi ke pasar membeli ketanTidak lupa membeli dukuJika ingin jalan jalanPergi saja ke Bengkulu Malam malam makan durianMakan sampai kepala pusingKotanya asri dan menaw

29/09/2023 20:23 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 1114 kali
Pantun Karya Nabila Indriani

Nabila IndrianiX PI 3   Ada kawan namanya LuluCita cita nya jadi modelAda banyak suku di BengkuluSalah satunya suku pekal Jalan jalan ke kota Bengkulu pakai motor wajib diboncen

26/09/2023 21:46 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 882 kali
Artikel Ilmiah: EFFICIENCY OF USING HERBICIDES WITH NATURAL SURFACTANTS FROM COCOA BEAN WAST

EFFICIENCY OF USING HERBICIDES WITH NATURALSURFACTANTS FROM COCOA BEAN WAST Aqila Dhiya’ Mawarni, SMAIT IQRA’, Bengkulu,Indonesia (aqiladhiyamawarni@gmail.com), Azifa Salsa

26/09/2023 14:37 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 322 kali
Proposal Bisnis: Schico.gyz "Inovasi Bisnis Bidang Makanan Berupa Gyoza Berbahan Dasar Jamur Gerigit Khas Bengkulu"

Schico.gyz "Inovasi Bisnis Bidang Makanan Berupa Gyoza Berbahan Dasar Jamur Gerigit Khas Bengkulu" Oleh Aqila Dhiya' Mawarni dan Azifa Salsabilah Utama Ringkasan: Karya ini menggamba

26/09/2023 14:25 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 646 kali
KTI: Uji Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Sebagai Pupuk Cair Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum l.)

Uji Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Sebagai Pupuk Cair Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum l.) Oleh Giani Naqiyyah Sahda dan Dhiya Nasywa Adin

24/09/2023 19:26 - Oleh @humas smait-iqra - Dilihat 672 kali